Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Modul Ajar Sejarah Kelas 10 Fase E Kurikulum Merdeka


Materi Sejarah Kelas 10 bertujuan untuk memberikan siswa pemahaman dan keterampilan dasar dalam bidang sejarah khususnya di fase E kelas 10.

Pada akhir Fase E, peserta didik akan memiliki kemampuan untuk memahami konsep-konsep dasar seperti manusia, ruang, waktu, kronologi, sinkronisasi, penggunaan sejarah, teori sosial, metode penelitian sejarah, dan sejarah lokal. Mereka akan mencapai pencapaian ini melalui berbagai aktivitas seperti membaca literatur sejarah, berdiskusi, mengunjungi situs-situs bersejarah, dan melakukan penelitian bersama dalam proyek kolaboratif. Peserta didik akan dapat menganalisis serta menilai berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia, termasuk konsep asal-usul nenek moyang dan jalur rempah di Indonesia, kerajaan Hindu-Buddha, serta kerajaan Islam di Indonesia.

Pada akhir Fase E, siswa akan memiliki kemampuan untuk menggunakan sumber-sumber primer atau sekunder dalam penelitian sejarah lokal yang terkait dengan keindonesiaan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam konteks kronologis maupun sinkronis. Mereka akan dapat menyampaikan hasil penelitian ini melalui berbagai media, seperti presentasi lisan, penulisan, atau bahkan media lainnya. Selain itu, mereka juga akan dapat mengaplikasikan berbagai keterampilan sejarah untuk menjelaskan peristiwa sejarah dan menggali makna-nilai yang terkandung dalamnya.

Untuk mendownload Modul Ajar Sejarah Kelas 10 Fase E Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 silakan klik di bawah ini:

  • Modul Ajar Sejarah Kelas 10 Bab 1 (Disini)
  • Modul Ajar Sejarah Kelas 10 Bab 2 (Disini)
  • Modul Ajar Sejarah Kelas 10 Bab 3 (Disini)
  • Modul Ajar Sejarah Kelas 10 Bab 4 (Disini)