Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PPT Materi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 7 Bab 4 : Sujud Sahwi, Tilawah dan Syukur


Bab 4 membahas tiga konsep penting dalam ibadah Islam: Sujud Sahwi, Sujud Tilawah, dan Sujud Syukur. Sujud Sahwi, secara bahasa, berarti lalai atau lupa, dan dalam konteks istilah, ini adalah sujud yang dilakukan untuk menyempurnakan kekurangan atau kelebihan dalam bilangan rakaat salat yang disebabkan oleh lupa atau keraguan. Hukumnya adalah sunnah, dan tata cara melaksanakannya adalah dengan dua sujud setelah tasyahud akhir sebelum salam. 

Sujud Tilawah, yang merupakan sujud saat membaca atau mendengar ayat sajdah dalam Al-Qur'an, juga disebutkan sebagai sunah. Tata cara sujud tilawah berbeda di dalam dan di luar salat, namun tujuannya adalah mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketakwaan. 

Sementara Sujud Syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai ungkapan terima kasih kepada Allah atas nikmat dan karunia-Nya. Melaksanakannya adalah cara untuk menjauhkan diri dari kesombongan dan mengakui bahwa segala pencapaian adalah hasil pertolongan Allah.

Dalam keseluruhan konteksnya, ketiga konsep ini mengajarkan kita untuk selalu rendah hati, mengakui kesalahan, mendekatkan diri kepada Allah, dan bersyukur atas nikmat-Nya. Mereka juga mengingatkan kita bahwa sebagai manusia, kita rentan lupa dan salah, sehingga kita perlu selalu memohon ampunan dan berterima kasih kepada Allah atas setiap karunia-Nya.

Silahkan Download PPT Materi Bab 4 Sujud Sahwi, Tilawah dan Syukur (Disini)