Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PPT Materi Pendidikan Pancasila Kelas 8 Kurikulum Merdeka


Materi Pendidikan Pancasila Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Pancasila memiliki kedudukan yang sangat penting dalam negara Indonesia, berperan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki banyak fungsi, termasuk menjadi dasar filsafat, konstitusi, hukum, penyelenggaraan negara, pembentukan peraturan perundang-undangan, serta landasan moralitas bangsa. 

Selain itu, Indonesia adalah negara kesatuan dengan kedaulatan yang bersumber dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, menjadikan kedaulatan negara sangat berhubungan erat dengan bentuk negara dan pemerintahan yang demokratis dan konstitusional.

Tata negara Indonesia menganut prinsip demokrasi konstitusional, di mana kekuasaan pemerintahan didasarkan pada konstitusi yang berlaku. Presiden adalah kepala negara dan pemerintahan, anggota DPR dipilih secara langsung oleh rakyat, dan kekuasaan kehakiman berdiri secara independen. 

Sejarah kebangkitan nasional, seperti berdirinya Budi Utomo dan Sumpah Pemuda, memberikan semangat dan komitmen kepada bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu, jati diri bangsa dan budaya nasional tercermin dalam nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, dan berbagai aspek budaya nasional seperti agama, sosial, pengetahuan, bahasa, mata pencaharian, dan kesenian.

Dalam konteks global yang semakin terkoneksi melalui media digital, literasi digital menjadi kunci penting dalam menjaga kebinekaan bangsa. Literasi digital membantu warga Indonesia untuk mengakses, memahami, dan menghargai berbagai budaya dan perspektif yang berbeda, mengurangi prasangka dan diskriminasi, serta meningkatkan toleransi dan kerukunan. 

Dengan demikian, Pancasila, kedaulatan rakyat, tata negara demokratis, kebangkitan nasional, jati diri bangsa, budaya nasional, dan literasi digital semuanya membentuk landasan yang kokoh bagi Indonesia sebagai negara majemuk yang damai dan beradab.

Secara Garis Besar Materi Pendidikan Pancasila Kelas 8 Semester 1 dan 2 terdiri dari 6 Bab yaitu:
1. Kedudukan dan Fungsi Pancasila
2. Bentuk dan Kedaulatan Negara
3. Tata Negara Pemerintahan
4. Kebangkitan Nasional & Sumpah Pemuda
5. Jati Diri Bangsa & Budaya Nasional
6. Literasi Digital dalam Kebinekaan Bangsa

Adapun link Download PPT Materi tersebut silahkan download (Disini)